Sholat tidak khusyuk, inilah 9 alasan yang mungkin kamu lupakan





pasti kita semua sangat sering merasa, mengapa susah sekali sholat dengan khusyuk. padahal ketika melihat orang lain sepertinya sholatnya serius banget ya. aku juga pengen kayak mereka. 

namun meskipun sudah berusaha kita tetap saja belum khusyuk. fikiran masih kemana-mana. terdengar suara sana-sini bikin bacaan bingung. malah terkadang lupa mengenai rakaat, ini rakaat keberapa ya?.

sholat itu penting, karena sholat dapat mencegah yang mungkar. tapi, sholat khusyuk saja tidak bisa bagaimana bisa mencegah yang mungkar. lalu bagaimana agar sholat kita senantiasa mengingatNya dan tak terbayang hal-hal yang lain.

banyak hal yang mungkin sering kita lupakan. yang akan membuat ibadah kita tidak khusyuk. berikut adalah beberapa hal yang membuat sholat kita tidak khusyuk. sebaiknya kita mulai memperbaiki dari sekarang.

1.      Niat yang Kurang


Niat itu penting. agar segala pekerjaan kita mampu kita laksanakan secara maksimal. Bahkan mereka yang memiliki niat yang kuat, bisa sampai tak maksimal.
Apalagi yang tak punya niat sama sekali.

Sebagai umat islam, sholat merupakan kewajiban bagi kita. menjaganya merupakan pekerjaan yang sulit. Tapi tidak bagi mereka yang punya niat. Mereka juga yang sudah terbiasa.

Maka, hendaknya kita tata niat sejak berwudhu.
Memahami makna membersihkan bagian tubuh dengan berwudhu. Melakukannya dengan keyakinan dan hati yang bersih. Berharap air wudhu akan membersihkan dosa-dosa yang menempel di salah satu bagian tubuh.

Setelah kita merasa bahwa kita tengah dalam keadaan suci secara batiniah. Hendaklah kita memulai sholat dengan niat agar mendapatkan ridho dari Tuhan semesta alam.

InsyaAllah sholat kita akan khusyuk.

Karena niat bagaikan sebuah kekuatan yang akan mendorong dan menuntun kita. tanpa niat jangan berharap mendapatkan sesuatu yang lebih, kecuali hanya sedikit.

2.      Tidak Mengerti apa yang Dibaca


Sama seperti orang yang berpidato menggunakan bahasa asing yang tak kita kenal sama sekali. Pastinya, kita tidak akan memahami. Dan ketika kita tak faham, jelas kita akan mulai merasa bosan dan malas memperhatikan. mungkin kita ingin cepat pergi. meninggalkan pidato itu.

Sama seperti itu pula. Ketika kita melaksanakan sholat dan tak mengerti apa arti dan maksud bacaan kita. kita akan bosan. Bacaanpun tak akan meresap ke dalam hati dan hati akan mudah goyah. Tak ada kenikmatan di dalam sholat kita.

Mulai sekarang, cobalah untuk memahami bacaan do’a yang kita ucapkan. Tak perlu belajar bahasa arab dulu. Baru mulai berusaha memahami.

Jaman sekarang sudah banyak orang yang menjual buku tuntunan sholat. Disana kita akan menemukan makna bacaan yang kita butuhkan.

Tak perlu pula kita memahami arti perkatanya. Yang paling penting mengerti maksud dari bacaannya.
Setelah itu,
Mulailah sholat dengan khusyuk. Dengan meresapkan makna setiap do’anya ke dalam hati. dan mulailah menikmati segala ucapan dan gerakan dalam sholat.

3.      Tidak Yakin Bahwa Tengah Melihat Tuhan


'Kabarkanlah kepadaku tentang ihsan itu? ' Beliau menjawab: "Kamu menyembah Allah seakan-akan kamu melihat-Nya, maka jika kamu tidak melihat-Nya, maka sesungguhnya Dia melihatmu." Hadist Muslim.

Jadi, berdirilah seakan-akan kamu bicara dengan Allah. dan ketahuilah bahwa Allah pasti melihatmu.

Seperti dalam al Qur’an surah Al baqarah ayat 45-46, “Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk. (yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepadanya.”

Menurut sepengetahuan saya, dalam ayat tersebut tidak ada arti yang menunjukkan arti “akan”. Sehingga artinya menjadi “Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk. (yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka menemui Tuhannya, dan bahwa mereka kembali kepadanya.”

Hendaklah melakukan sholat dengan kepercayaan. Bahwa kita tengah berbicara dengan Allah. sekaligus adukanlah kesusahan dan kesenangan kepadanya. Jadikanlah Dia teman curhat. Lakukanlah saat tengah sholat. Maupun dalam segala suasana.

4.      Sholat Tepat Waktu


Mungkin banyak orang tidak tahu. Sholat yang molor itu juga menyebabkan ketidak khusyuk an. apa alasannya?

Karena ketika mendengar adzan, dan kita bergegas melakukan sholat. Maka niat sholat yang tertanam di dalam hati kita, akan semakin kuat. Ketika sudah kuat, maka yang ada difikiran kita hanyalah melakukan sholat dengan khusyuk.

Coba bedakan ketika melaksanakan di waktu-waktu akhir. Kita akan tergesa-gesa karena takut waktu habis. Berwudhu dengan asal-asalan. Dan sholat dengan kecepatan tinggi. Mana bisa khusyuk?.

Selain itu,
Sholat di awal waktu juga memiliki keuntungan-keuntungan lainnya. Salah satunya adalah bisa menikmati sholat.

5.      Hati yang Belum Bersih Terhadap Urusan Dunia


Nabi Shallallahu ‘alahiwasalam beliau bersabda : “Zuhud terhadap dunia bukan berarti 
mengharamkan yang halam dan bukan juga menyia-nyiakan harta. Akan tetapi zuhud terhadap 
dunia adalahkeyakinan apa yang ditanganmu tidak lebih kuat dari apa yang ada di tangan Allah 
dan engkau berada dalam pahala musibah jika tertimpa musibah. Lebih kau senangi jika itu 
tetap ada padamu.” Hadist Tirmidzi
 
Itulah pengertian dari zuhud menurut hadist nabi. Barangkali ada yang belum tahu. Setelah kita 
mengerti. coba deh kita terapkan dalam perilaku sehari-hari. Salah satunya kita terapkan ketika 
kita sedang melaksanakan sholat
 
 
Memasrahkan diri. Begitu pula, segala sesuatu yang kita miliki di dunia ini.
 
Jangan sampai kita sholat lalu memikirkan baju kita yang masih di jemuran. Apalagi waktu itu 
hujan turun. Atau memikirkan rumah, karena takut kemalingan. Bisa saja, kita membayangkan 
baju di maal yang inging kita beli.
 
Pasrahkan semua itu pada Allah. sesuatu yang menjadi milik kita akan tetap kita miliki. 
Namun sesuatu yang akah hilang, maka akan pergi. Meskipun kita pertahankan.
 
So, serahkan semuanya pada pemilik yang sejati.
 
 

6.      Dalam Lelah juga Mengantuk

 
Dalam keadaan pulang dari kantor. Pastinya kita sangat lelah. Rasanya ingin segera berbaring 
dan istirahat. Namun, jika kita memaksanya untuk sholat. Akibatnya sholat kita akan 
terburu-buru. Agar kita bisa segera tertidur dan istirahat.
 
Berbeda sekali ketika kita dalam keadaan yang fresh. Maka sholat kita akan tertata dan tenang.
 
Penulis sendiri juga sering merasa seperti itu. sehingga penulis ingin mencari solusinya. 
Seandainya kita dalam keadaan yang sangat lelah maupun sangat mengantuk. Cobalah 
tidur sejenak, untuk melemaskan otak kita. lalu ketika terbangun kembali, cobalah untuk 
duduk sejenak barulah mengambil wudhu.
 
Namun, jika takut tak bisa bangun, sebaiknya duduk dahulu untuk menenangkan diri. 
Entahlah, kita pasti punya cara sendiri untuk mengusir rasa lelah. Bisa saja dengan mencuci 
muka, bercanda dengan orang terdekat, atau meminum segelas air putih.
 
Meskipun sulit, cobalah untuk tetap fokus dalam sholat meskipun dengan keadaan yang sulit fokus.
 

7.      Tubuh yang Kotor


Ketika kita tidur dalam keadaan keringat dan wajah yang kusam, pastinya akan merasakan ketidak nyamanan. Makan di warung yang kotor, pasti sangat mengganggu. Berada di kamar yang kotor akan membuat kita jijik dan tak betah berada lama-lama di dalam.

Begtiu pula sholat. Pasti banyak orang merasakan. Sholat dalam keadaan belum mandi dengan sholat setelah mandi. Sudah jelas berbeda.

Bagi wanita sholat di tempat yang gerah, pastinya ingin segera menyelesaikan sholatnya. Karena tak sabar untuk melepas mukena.

Sholat ketika bangun tidur. Mulut kita akan terasa lengket. Dan itu membuat kita tidak nyaman. Sebaiknya kita sikat gigi ketika bangun tidur dan hendak melaksanakan sholat subuh. jika malas, ada baiknya memakai siwak. Karena siwak merupakan sunah rasul.
Hudzaifah berkata, "Jika Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bangun di malam hari, beliau membersihkan mulutnya dengan siwak." Hadist Bukhori

Membersihkan diri, tempat, dan pakaian sangat dianjurkan ketika hendak melaksanakan sholat.

8.      Ada Embel Tulisan di Sajadah atau Pakaian Sholat


Sudah sering kita melihat merk di bagian belakang sarung atau sajadah. Untuk wanita terkadang memakai mukena yang berwarna dan bertuliskan sesuatu di bagian belakangnya.

Terkadang kita tak sengaja membaca tulisannya. Atau bagi wanita melihat indahnya warna atau tulisan di mukena.

Hal itu akan mengurangi kekhusyuk an kita dalam sholat. Membuat kita sejenak melupakan Tuhan kita dalam sholat.

Sebaiknya kita menyadari hal itu dan berusaha untuk memakai pakaian sholat yang tidak mengganggu kekhusyuk an orang lain. Agar juga tak mengurangi ganjaran sholat kita.

9.      Suasana yang Bising


Semua orang pasti pernah mengalami hal ini. Ketika membaca bacaan sholat, tiba-tiba bacaan berubah menjadi lirik sebuah lagu. Atau mungkin bacaannya menjadi berantakan dan sulit mengucapkan lafal-lafalnya.

Ketika tengah sholat, tiba-tiba teman kita bergosip. Tanpa sengaja kita akan mengikuti apa saja yang mereka bicarakan.

Atau bisa saja ada seseorang yang tiba-tiba berteriak. Sehingga kita kaget dan lupa dengan bacaan yang sudah di baca.

Suasana yang tak mendukung juga menyebabkan konsentrasi menjadi buyar. Maka dari itu, sebaiknya kita berusaha mencari tempat yang tenang ketika hendak melaksanakan sholat. Seperti di masjid atau mushola terdekat. Terutama bagi mereka yang hidup dengan banyak orang. Seperti di pondok atau asrama.

Begitulah sholat. Selain harus menjaganya, kita juga haru menjaga konsentrasi di dalamnya. Sebaiknya kita tak meremehkan masalah khusyuk ketika sholat. Karena selain pahala yang mungkin berkurang. Sholat dengan khusyuk mampu membuat jiwa kita merasa tenang dan mengurangi dosa kepada sang pencipta. Kita akan terbiasa mengingatnya.

Ustadz saya pernah berkata, “Sebenarnya tidak ada orang yang khusyuk dalam sholatnya, namun kita harus terus berusaha untuk khusyuk.”


Terimakasih sudah sudi membaca blog ini. J
Jika ada kritik dan saran mohon tulis di komentar. Karena kritik dan saran anda sangat berguna.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Sholat tidak khusyuk, inilah 9 alasan yang mungkin kamu lupakan"

Popular

Categories