11 manfaat yang akan kamu depatkan dengan bershalawat kepada nabi


Bersholawat merupakan suatu tindakan yang membuktikan kecintaan kita (sebagai muslim) terhadap baginda Nabi besar Muhammad Shalaallahu ‘alaihi wa Sallam.

Selain berupa bukti, sholawat juga akan memberi kita berbagai macam manfaat. Begitu pula akan memberi kedudukan tinggi di samping Allah dan Nabi.

Artikel terkait : manfaat bersholawat di hari jum'at

Seperti sebuah pasangan yang saling mencintai. Ketika lama tak berjumpa, rasa rindu akan selalu hadir mengusik hidup. Namanya akan terukir dimana-mana. di tembok, di keramaian, maupun di dalam kesepian. Kita akan senantiasa mendoakannya, agar dia dalam keadaan selamat. Sehingga pertemuanpun akan terjadi.

Begitu pula baginda Nabi. Meskipun kita tak pernah melihatnya, mendengar kisahnya yang mulia akan membuat kita jatuh cinta. Rasa rindu akan pertemuan dengannya telah membuncah dalam jiwa. Selalu bersholawat, agar pertemuan dengan manusia paling mulia itu benar-benar terjadi kelak. Amin.

Bersholawat dengan ikhlas akan memberi manfaat bagi kita, baik di akhirat maupun di dunia. Adapun manfaatnya adalah sebagai berikut :

1.      Memperoleh sholawat dari Allah


Tak hanya kita yang mencintai dan merindukan Nabi saw. Allahpun juga sangat mencintai beliau. Bukan berarti Allah tak mencintai kita. Dia sangat mencintai kita, bahkan cinta ibu hanyalah setetes cinta dari Allah.

Seperti ketika kita menyukai seseorang maka kita harus mendekati orang tuanya. Maka seperti itu pula ketika kita mencari ridho Allah. kita juga harus mencintai yang dicintaiNya. Yaitu Nabi Muhammad SAW.

Sebuah hadis menjelaskan,
“Barangsiapa membaca sholawat sekali saja, maka Allah memberi shalawat untuknya sepuluh kali. barang siapa membaca shalawat sepuluh kali, maka Allah memberinya shalawat seratus kali. dan barang siapa bershalawat untukku seratus kali, maka Allah akan menulis di antara kedua matanya kelepasan dari sifat munafik dan bebas dari neraka. Dan Allah akan menempatkannya bersama para syuuhada’. Maka perbanyaklah shalawat atasku, ketika aku di sebut. Sebenarnya itu termasuk kafarat keburukan-keburukannya.”

2.      Bershalawat sama dengan mematuhi perintah Allah SWT


Selain karena sebagai bukti akan sebuah cinta. Shalawat merupakan perintah dari Allah SWT. perlu kita ketahui dan bahkan mungkin kita sudah tahu. Bahwa perintah Allah selalu diperuntukkan demi kebaikan kita.

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikatnya bershalawat untuk Nabi, hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian kepada Nabi dan ucapkanlah salam pernghormatan kepadanya.” QS al Ahzab : 56

Kalau Allah saja bersholawat bagaimana bisa kita yang sangat kecil dan tak berdaya ini menyombongkan diri dengan tak mau bershalawat.

3.      Memperoleh syafaat dari Nabi


Bershalawat akan mendatangkan syafaat di hari kiamat. mungkin kalimat itu bukanlah hal yang asing lagi. pastinya kita juga sudah sering mendengar perkataan tersebut. Sebuah hadist berbunyi,

“Sejumlah malaikat yaitu Jibril. Mikail, Israfil dan Israil datang kepadaku,” demikian sabda Rasulallah SAW.
“Ya Rasulallah, baranng siapa bershalawat kepadamu setiap hari sebanyak sepuluh kali, maka akulah sebagai pembimbing yang memegangi tangannya melintasi jembatan shirat yang cepatnya bagai kilat yang menyambar,” kata malaikat Jibril.
“Akulah yang memberi minum kepada orang itu dari telagamu,” kata Malaikat Mikail.
“Aku berusjud kepada Allah SWT, dan tidak akan bangkit sebelum dosanya di ampuni oleh Allah SWT,” kata Israfil.
“Aku akan mencabut nyawa orang itu penuh dengan kehalusan, sebagaimana mencabut roh para Nabi as,” kata Israil.

4.      Ciri khas orang mukmin


Pastinya kita sebagai orang islam tau rukun iman yang 6, salah satunya adalah beriman kepada Nabi dan Rasul. Bukti bahwa kita mengimani Nabi dan Rasul adalah mempercayai keberadaan mereka dan meyakini segala kebenaran ajarannya.

Selain itu bershalawat juga merupakan bukti iman terhadap Nabi dan Rasul.

“Siapa yang apabila disebutkan namaku dihadapannya dan ia tidak membaca shalawat atasku dengan bacaan yang sempurna maka ia bukan termasuk golonganku dan aku tidak termasuk golongannya.” Lalu Nabi berdo’a kepada Allah SWT: “ya Allah. pereratlah orang yang menjalin hubungan denganku, dan putuskanlah yang memutus hubungan denganku.” (Al Hadist)

5.   Dapat menghapus dosa


 Tidak hanya bisa mendatangkan pahala dan syafaat dari Nabi SAW. Shalawat juga bisa menghapuskan dosa-dosa kita. berapa banyak dosa yang sudah kita lakukan, baik yang kecil maupun dosa besar.

Berikut bunyi hadist nabi,
“Membaca shalawat atasku bisa menghapuskan dosa-dosa laksana memadamkan api, dan membaca salam atasku itu lebih utama daripada hamba sahaya. Dan cinta kepadaku itu lebih utama daripada mengalirkan darah atau dikatakan perang dijalan Allah, dan barang siapa membaca shalawat atasku sekali atas dasar cinta dan rindu kepadaku niscaya Allah menyuruh malaikat pencatat agar tidak mencatat dosa untuknya selama tiga hari.”

6.      Membebaskan diri dari kesulitan


Dalam kehidupan pastinya kita akan menemui berbagai macam kesulitan. Masalah dengan sesama, masalah keuangan, barang-barang semakin naik harganya, dan lain sebagainya. namun hidup ini tak hanya ada kesulitan semata, melainkan kebahagiaan juga akan datang setelah kesulitan.

Ada berbagai bentuk tingkah laku manusia ketika menghadapi masalah. Ada yang uring-uringan, setres, sedih, bahkan ada yang sampai bunuh diri.  Namun ada sebagian orang yang menghadapinya dengan tenang.

Hidup akan terus berputar dan berubah-ubah keadaannya. Dan itulah yang akan mengajarkan kita terhadap sebuah nilai kebijaksanaan. hidup tanpa cobaan tak akan berarti. Seperti pula sebuah masakan tanpa garam maka tak akan terasa nikmat.

Ketika kita tengah menghadapi kesulitan, maka bacalah shalawat sebanyak-banyaknya, karena shalawat akan sampai kepada beliau. Dan ketika kita bershalawat atasnya, maka Nabi SAW akan kembali mendo’akan kita.

Nabi Muhammad manusia yang sangat dekat dengan Sang Pencipta. Tentunya doa kita akan mudah di ijabahi dengan perantara beliau.

7.      Menerangi hati yang kotor dan menyinarinya


Kita bisa melihat para ulama-ulama dahulu, contohnya saja Gusdur. Beliau berkarismatik, wajahnya bercahaya, dan tutur katanya begitu mantap di hati ini, perilakunya sopan. Beliau adalah orang yang senantiasa bersholawat. Terbukti dengan berbagai macam dakwanya yang selalu beliau masukan shalawat di dalamnya.

Harus kita ketahui, bahwa lantunan shalawat yang kita baca, secara otomatis akan menerangi hati kita. mengapa?

Karena seperti yang disebutkan bahwa shalawat itu juga mampu menghapus dosa-dosa kita. hati gelap disebabkan oleh banyaknya titik-titik dosa yang kita perbuat. Semakin banyak dosa maka semakin banyak pula titik, dan semakin banyak titik maka akan semakin gelap pula hati kita.

Sebuah hadist berbunyi,
“Barang siapa yang membaca shalawat atasku pastilah Allah mensucikan hatinya dari kemunafikan, laksana air yang membersihkan pakaian dari kotoran.” (Al Hadist)

8.      Mengangkat derajat manusia


Seperti sebuah kantor/perusahaan. Disana banyak sekali kedudukan karyawan. Ada kuli, pengawas, superviser, manager, direktur dan lain-lain.

Untuk mendapatkan jabatan yang lebih tinggi, maka kita harus mengabdi terhadap sebuah perusahaan. Selain itu, kita juga harus membuat seorang atasan senang terhadap kerja kita.

Begitupula kehidupan. jika kita ingin mendapat kedudukan yang tinggi disisi Nabi, maka kita harus banyak bershalawat agar Nabi kenal dan senang terhadap kita. dan jelas ketika kita sudah mendapat kedudukan tinggi di sisi Nabi, maka derajat kita di akhirat akan naik.

Ketika derajat di akhirat naik, maka kehidupan dunia akan mengikuti. insyaAllah, hidup kita akan mulia di dunia maupun di akhirat.

Nabi bersabda,
Barangsiapa bershalawat kepadaku, maka Allah membalasnya sepuluh kali lipat shalawat, dan dihapus darinya sepuluh keburukan, serta ditinggikan derajatnya sepuluh tingkat kedudukan.” (Al Hadist)

9.      Memudahkan terkabulnya do’a


seperti yang pernah dijelaskan di atas. Bahwa Nabi adalah hamba terdekat di sisi Allah. apabila kita berdo’a dengan perantara beliau maka do’a kita akan cepat sampai ke Allah. masalah dikabulkan atau tidak itu mutlak keputusan Allah.

“Tiada do’a yang naik ke langit tanpa melewati sebuah dinding, jika do’a itu disertai shalawat untukku, maka ditembuslah dinding itu dan masuklah do’a ke langit, dan jika tidak, kembalilah do’a itu kepada pengucapnya.” (Al Hadist)

10.   Mengharap tercukupi kebutuhan hidupnya


Banyak cara yang bisa kita lakukan agar kebutuhan tercukupi. Seperti berdoa, berusaha, bekerja, dan  shalat dhuha. Selain itu shalawat juga mampu mempermudah urusan kita di dunia.

Ketika kita tengah mengalami masa-masa yang sulit dan kekurangan. Sebaiknya hal yang bisa kita lakukan adalah bershalawat. Sebagai contoh para kyai, ulama, dan orang alim. Hidup mereka terlihat tentram dan tak bermasalah dengan keuangan.

Padahal, pemasukan mereka terlihat sangat minim. Bahkan terkadang mereka jarang bekerja.

“Barangsiapa sulit memenuhi kebutuhannya maka hendaknya memperbanyak shalawat atasku. Sebab dengan membaca shalawat itu bisa menghilangkan duka cita, kesedihan, dan kesulitan. Sebaliknya menarik rezeki yang banyak dan memudahkan kebutuhan.”

11.   Nabi akan mengenal kita


 Sama seperti penjelasan-penjelasan yang terdahulu. Seperti sebuah hadis berbunyi :
“Sesungguhnya shalawat kalian akan diperdengarkan kepadaku.”sabda beliau yang lain, “Sesungguhnya Allah mewakilkan malaikat di kuburku yang menyampaikan kepadaku salam dari umatku.”

Pernah mendengar cerita tentang Uwais al Qarani. Ia adalah seorang yang tak dikenal di dunia namun menjadi selebriti di langit. Ia tak pernah sekalipun bertemu dengan Nabi, namun rasa cintanya kepada beliau membuatnya senang bershalawat.

Nabipun mengenal baik tentang dirinya walaupun tak sekalipun mereka saling bertemu.
***

Banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan ketika kita sering dan ikhlas dalam membaca shalawat. Mungkin masih ada lagi manfaat-manfaat lain yang belum kita ketahui. Namun, 11 manfaat di atas sudah cukup membawa kebaikan bagi kita baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Semoga postingan ini berguna bagi yang membacanya.
Terimakasih sudah sudi membacanya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "11 manfaat yang akan kamu depatkan dengan bershalawat kepada nabi"

Posting Komentar

Popular

Categories